Daftar Lukisan Karya Da Vinci Hingga Picasso Termahal Di Dunia

Salvator Mundi – US$450,3 Juta

Lukisan Salvator Mundi

Salvator Mundi menjadi lukisan termahal di dunia pada 2022. Lukisan yang dibuat oleh Leonardo da Vinci tersebut dijual dengan harga US$450,3 juta. Lukisan nomor satu di dunia ini menggambarkan Yesus Kristus yang sedang memegang bola kristal. Lukisan yang dibeli oleh Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman tersebut sebelumnya dipamerkan di Galeri Nasional London pada 2011.

Interchange – US$300 Juta

Lukisan Interchange

Lukisan termahal kedua di dunia adalah Interchange. Lukisan seharga US$300 juta ini merupakan karya dari Willem de Kooning. Lukisan ini terinspirasi dari lingkungan Willem de Kooning saat tinggal di New York. Lukisan ini akhirnya dibeli oleh seorang miliarder Kenneth C Griffin.

The Card Players – US$250 Juta

Lukisan The Card Players

The Card Players dijual dengan harga US$250 juta. Lukisan ini merupakan karya seniman asal Prancis Paul CĂ©zanne pada awal 1980-an. The Card Players terdiri dari lima lukisan. Setiap lukisan ini punya ukuran hingga latar yang beragam. Lukisan ini dibeli oleh keluarga Kerajaan Qatar pada 2011.

Nafea Faa Ipoipo – US$210 Juta

Lukisan Nafea Faa Ipoipo

Nafea Faa Ipoipo tercatat memiliki harga jual sebesar US$210 juta pada 2015. Paul Gauguin melukis Nafea Faa Ipoipo ketika dalam perjalanan pertamanya ke Tahiti pada 1892. Lukisan minyak ini mengambarkan dua perempuan muda Tahiti yang sedang duduk di lanskap tropis. Keduanya berpakaian gaya misionaris yang melambangkan paduan Eropa dan adat Polinesia.

Number 17A – US$200 Juta

Lukisan Number 17A

Number 17A berada di urutan kelima lantaran dijual seharga US$200 juta. Lukisan abstrak ekspresionis ini merupakan karya Jackson Pollock pada 1948. Number 17A merupakan salah satu contoh bentuk seni lukis tetes yang radikal dan sangat unik. Lukisan tersebut dibeli oleh manajer hedge fund Kennetch C Griffin pada September 2015.

Baca Juga:  Pengertian Aliran Impresionisme Serta Kemunculan, Ciri, Dan Tokoh