Daftar Patung Tertua Yang Ada Di Dunia

Venus of Berekhat Ram (233.000-800.000 SM)

Patung Venus of Berekhat Ram (233.000-800.000 SM)

Item terakhir kami dalam daftar, meskipun sangat kontroversial, telah berhasil mendapatkan alasan kuat untuk keabsahannya. Venus of Berekhat Ram itu ditemukan di Golan Heights di Israel. Objek tersebut ditemukan di antara dua lapisan berbeda dari sedimen vulkanik dan batu dan ditemukan berusia antara 233.000 dan 800.000 tahun. Beberapa sejarawan percaya bahwa relik itu diadaptasi untuk menggambarkan sosok manusia feminin, mengklasifikasikannya sebagai relik yang mungkin dibuat oleh Homo erectus pada awal era Paleolitik Tengah.

Venus of Tan-Tan (200.000-500.000 SM)

Patung Venus of Tan-Tan (200.000-500.000 SM)

Tan-Tan Venus ditemukan selama penggalian di tepi utara Sungai Draa oleh arkeolog negara bagian, Lutz Fiedler, dari Jerman. Patung itu terletak di antara dua lapisan tanah yang tidak terganggu: lapisan bawah yang terdiri dari benda-benda dan sedimen dari era Acheulian Awal (sekitar 500.000 SM) dan lapisan atas dari era Acheulian Tengah (sekitar 200.000 SM). Tepat sejalan dengan situs penggaliannya, Venus Tan-Tan berasal dari antara 200.000-500.000 SM , menempatkannya pada garis waktu yang sama dengan Golan Venus dari Berekhat Ram dan secara efektif mengencangkannya sebagai seni tertua yang pernah ditemukan di Afrika.

Manusia Singa dari Benteng Hohlenstein (38.000 SM)

Patung Manusia Singa dari Benteng Hohlenstein (38.000 SM)

Manusia Singa dari Stadel Hohlenstein berukuran 31 sentimeter adalah patung antropomorfus tertua di dunia. Ditemukan pada tahun 1939 oleh arkeolog Robert Wetzel, patung yang luar biasa ini ditemukan di dalam Stadel Hohlenstein di Jerman, sebuah sistem gua yang terus menghasilkan penemuan penting secara arkeologis dan historis. Patung berusia 40.000 tahun, dibuat dengan alat pemotong batu dan batu, juga merupakan karya seni pertama yang pernah ditemukan di Eropa yang mewakili sosok laki-laki.

Baca Juga:  Daftar Patung Hewan Sakral Kepercayaan Orang Jepang

Venus of Hohle Fels (38.000 SM)

Patung Venus of Hohle Fels (38.000 SM)

Dipahat selama budaya Aurignacian di Zaman Batu, patung gading sederhana dari sosok feminin yang secara luas dikenal sebagai Venus of Hohle Fels ditemukan selama penggalian arkeologi pada tahun 2008 di Gua Hohle Fels yang disebutkan sebelumnya di barat daya Jerman. Ini berasal dari antara 33.000-38.000 SM, secara resmi menjadikannya yang tertua di antara semua patung Venus yang diketahui serta contoh figurativisme tertua yang tak terbantahkan yang diketahui arkeologi. The Venus of Hohle Fels memiliki sejumlah karakteristik tunggal yang tarif standar ketika melihat patung-patung kemudian perempuan, seperti Venus dari Willendorf. Umurnya yang keterlaluan, bagaimanapun, menyoroti sejarah awal seni Paleolitik Muda, membuktikan bahwa budaya Aurignacian jauh lebih canggih daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Figurine Mammoth Berbulu (33.000 SM)

Patung Figurine Mammoth Berbulu (33.000 SM)

Pada tahun 2007, patung mammoth berbulu utuh pertama ditemukan oleh para arkeolog dari Universitas T├╝bingendari Swabia Jura di Jerman. Diakui secara luas bahwa penemuan tersebut, termasuk beberapa patung lainnya, diciptakan oleh manusia modern pertama setidaknya 35.000 tahun yang lalu. Tidak hanya ditemukan langka karena keadaan utuh mammoth, tetapi juga diyakini sebagai patung gading tertua yang ditemukan hingga saat ini. Patung woolly mammoth itu sendiri cukup kecil, hanya berukuran panjang 3,7 cm dan berat hanya 7,5 gram, tetapi juga menampilkan ukiran yang sangat detail, lengkap dengan bentuk ramping, ekor runcing, kaki yang kuat, dan batang melengkung yang indah yang membuatnya benar-benar unik. Patung mini itu dihiasi dengan laserasi pendek, dan urutan garis melintang ditampilkan di telapak kakinya.