Daftar Tarian Terpopuler Di Dunia

Tari Salsa

Tari Salsa merupakan tarian berpasangan khas dari kepulauan Karibia dan berasal dari Kota Kuba. Tarian ini adalah hasil pengembangan gerakan khas masyarakat Kuba seperti Cha cha cha dan Mambo. Musik Salsa diciptakan dari gabungan antara musik tradisional Afrika dan Kuba serta irama Amerika Latin lainnya. Di Indonesia, Tari Salsa banyak dipraktikkan di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Denpasar.

Tari Ballet

Tari Balet berasal dari zaman Renaissance di Italia pada abad ke-15 dan ke-16. Kemudian lambat laun, tarian ini tersebar ke negara Perancis dan Rusia. Teknik tarian balet identik dengan menggunakan sepatu yang alasnya berupa sol dari bahan suede atau kulit hewan lembut. Tari Balet kerap kali ditampilkan pada pertunjukan-pertunjukan di panggung klasik dan teatrikal. Jenis-jenis tarian ini diantaranya yaitu Romantic Ballet, Classical Ballet, Neoclasical Ballet, dan Contemporary Ballet.

Tari Kabuki

Tari Kabuki memiliki ciri khas menampilkan drama yang ditunjukkan melalui tarian para penarinya yang didandani dengan make up tebal dan memakai kostum khas Jepang. Cerita-cerita yang dibawakan dalam pertunjukan Kabuki sangat beragam, tetapi pada umumnya adalah cerita rakyat Jepang. Tarian yang makin populer ini menjadikan Kementerian Pendidikan Jepang menetapkan Kabuki menjadi salah satu warisan agung budaya nonbendawi.

Tari Kecak

Tari Kecak ini mengisahkan berbagai cerita drama, tetapi umumnya cerita-cerita daerah di Bali seperti Ramayana. Sebenarnya, tari Kecak merupakan tari ritual yang memang ditampilkan oleh pria. Bagi wisatawan mancanegara, tari Kecak memiliki keunikan tersendiri, karena dianggap magis, banyak negara lain yang menampilkan tari Kecak dengan mengundang para penari asli dari Bali untuk tampil di negara mereka dalam festival kebudayaan bertaraf internasional.

Baca Juga:  Pengertian Seni Tari Flamenco Serta Sejarah, Ragam, Gerakan Khas, Dan Intisari Lagu

Thousand Hands Guan Yin

Tarian seribu tangan

Tarian ini tidak hanya populer di Thailand, tapi juga negara dengan mayoritas beragama Buddha seperti Tiongkok. Tarian ini menggambarkan keagungan Guan Yin (Quan Yin) yang dijuluki sebagai Goddess of Mercy. Nah, Dewi Quan Yin ini terkenal dengan Legenda Seribu Tangan. Kekompakan para penarinya dan kehebatan dalam koreografi membuat tarian ini menjadi sangat atraktif bagi wisatawan mancanegara.