Pengertian Seni Musik Pop Serta Sejarah, Ciri, Jenis, Manfaat, Tokoh, Dan Contoh

Pengetian Seni Musik Pop

Musik Pop adalah jenis musik yang populer dan menjangkau banyak orang. Musik ini sering kali memiliki lirik yang mudah diingat dan melodi yang catchy, sehingga mudah untuk dikenang dan diterima oleh masyarakat. Musik Pop juga dapat diartikan sebagai musik yang memiliki irama sederhana sehingga mudah dikenal dan digemari oleh banyak orang.

Sejarah musik pop berasal dari era 1950-an dan terus berkembang sampai sekarang. Fungsi dari musik pop adalah sebagai hiburan bagi masyarakat dan menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Ada beberapa jenis musik pop, seperti pop rock, pop ballad, dan lainnya.

Jenis musik ini mudah hilang, sifatnya tidak tahan lama, dan mudah digantikan dengan lagu baru. Pembuatan musik Pop prosesnya jarang sekali menggunakan bentuk komposisi. Selain itu, bentuk, lirik, dan aransemen lagu pop sifatnya sederhana, mudah untuk diingat, dan biasanya berguna untuk menghibur masyarakat.

Pengertian Musik Pop Menurut Para Ahli

Adapun pengertian musik pop menurut para ahli adalah sebagai berikut.

Menurut Shuker

Musik Pop adalah jenis musik yang mudah dibuat, fokusnya ada pada bagian chorus atau inti lagu. Selain itu lirik yang digunakan umumnya mengangkat tema Romantis, dan beriorientasi pada kepentingan komersial.

Menurut Strinati

Musik Pop merupakan jenis musik yang bersifat easy listening. Artinya, jenis musik ini dapat didengarkan begitu saja tanpa perlu perhatian khusus. Fungsi dari musik Pop adalah sebagai bentuk perekat sosial. Musik ini memposisikan seseorang pada realita kehidupan yang tengah mereka jalani.

Pengetian Seni Musik Pop

Sejarah Musik Pop

Bermula pada perang dunia I tahun 1918, dimana saat itu penduduk Amerik Serikat mulai menggemari musik ini dua tahun kemudian. Berasal dari penemuan Thomas Edison, kemudian istilah Pop dicetuskan pertama kali oleh pengamat seni rupa berkebangsaan Inggris yakni Lawrence Alloway. Dengan kata lain, musik Pop itu berasal dari kata populer dan komersil, tak heran jika musik ini banyak mempunyai peminat sampai sekarang.

Melalui gerakannya, Pop dimaksudkan sebagai bumbu penyedap mendobrak pandangan-pandangan lama seiring berkembangnya zaman. Kehadiran musik Pop ini pun digemari di seluruh dunia dengan perpaduan berbagai irama yang ada seperti Rhumba, Samba, Congsa, Mambo, Tunjang oleh penmakaian teknologi dan tidak terbatas hanya pada 1 aliran tertentu. Misalkan, nada dari gitar listrik atau proses mixing dapat bervariasi.

Sejarah Musik Pop di Indonesia

Sejarah musik Pop di Indonesia diawali oleh group band terkenal pada era 70-an, yakni Koes Ploes. Berkat puluhan lagu yang lahir dari kelompok musik ini, mulai dari versi pop, pop jawa, irama melayu, dangdut, pop anak-anak, irama keroncong, folk song, hard beat, dan lagu berbahasa inggris. Hingga namanya pun diabadikan sebagai kelompok musik yang paling berpengaruh di Museum Record Indonesia atau MURI. Pembawaan lagu mereka dikenal sungguh sederhan dalam syair, musik, maupun melodi.

Mengenal band yang menjadi kebangkitan genre musik pop ini, tidak selamanya berjalan mulus. Sekitar tahun 1976, Koes Ploes pernah redup, saat regenerasi mulai berkembang dan selera masyarakat pun berubah. Puncaknya yakni pada tahun 1978, ketika Koes Ploes benar-benar lemah, seiring berjalannya waktu dari era 70-an ke 80-an, musik pop Indonesia dihiasi oleh sejumlah kelompok musik seperti Mercy’s, Panber’s, D’Loyd dan Koes Ploes.

Setelah menjadi legenda band-band tersebut, kemudian munculah kelompok-kelompok musik modern seperti Sheila On 7, Gigi, Peterpan, The Changcuters, dan Padi. Dengan tampilan yang berbeda, namun mengandung unsur populer dengan image musik masing-masing. Begitu pun selanjutnya, musik pop akan terus meregenerasi dan berkembang mengikuti tren.

 

Berkembangnya Musik Pop di Indonesia

Berkembangnya Musik Pop di Indonesia

Berawal dari tahun 1960, band lokal dalam negeri mulai berkreasi diprakarsai oleh band Koes Bersaudara (Koes Ploes), menggantikan musik yang awalnya diisi oleh band dari Malaysia dan Singapura. Kemunculan Koes Ploes membawa musik Populer yang dinikmati dengan mudah oleh masyarakat Indonesia. Setelah popularitasnya Koes Ploes, banyak penyanyi terkenal di Indonesia yang dapat dikenal se-Asia Tenggara seperti Ungu, Rossa, Krisdayanti, Noah, The Changcuters dan Wali Band.

Baca Juga:  Pengertian Alat Musik Tuba Serta Sejarah, Fungsi, Dan Cara Bermain

Ciri-Ciri Musik Pop

Musik pop memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Memiliki irama yang cepat dan enerjik
  • Menggunakan lirik yang mudah diingat dan mudah dipahami
  • Menggunakan harmoni dan melodi yang mudah didengar
  • Menggunakan instrumen yang umum seperti gitar, piano, dan drum
  • Ditujukan untuk pasar yang luas dan beragam, tidak terbatas pada golongan usia tertentu atau budaya tertentu
  • Memiliki produksi yang high-quality dan profesional.
  • Sering menggunakan teknologi rekaman modern.
  • Sering diiringi dengan video klip yang menarik dan menceritakan kisah.

Jenis-Jenis Musik Pop

Pop tradisional : Musik pop yang mengikuti format klasik dan menggunakan instrumen tradisional seperti gitar, piano, dan drum.

Pop rock : Musik pop yang mengombinasikan elemen musik rock dengan musik pop.

Pop dance : Musik pop yang didominasi oleh beat yang cepat dan mengundang untuk menari.

Pop R&B : Musik pop yang mengombinasikan elemen musik R&B dengan musik pop.

Pop hip-hop : Musik pop yang mengombinasikan elemen musik hip-hop dengan musik pop.

Pop country : Musik pop yang mengombinasikan elemen musik country dengan musik pop.

Pop electronic : Musik pop yang menggunakan elemen musik elektronik seperti synth dan drum machine.

Pop soul : Musik pop yang mengombinasikan elemen musik soul dengan musik pop.

Pop latin : Musik pop yang mengombinasikan elemen musik latin dengan musik pop.

Pop metal : Musik pop yang mengombinasikan elemen musik metal dengan musik pop. Itu hanyalah beberapa contoh, sebenarnya ada banyak jenis musik pop yang berbeda yang dapat ditemukan di seluruh dunia.

Jenis-Jenis Musik Pop

Secara umum, ada 5 jenis musik pop, yaitu sebagai berikut.

1. Musik Pop Standar

Jenis musik Pop ini mempunyai melodi yang sederhana, selain itu liriknya juga mudah untuk dihafal oleh masyarakat. Bahkan musik pop standar tergolong sebagai jenis musik yang sangat fleksibel, karena mudah diserap dan mudah dikombinasikan dengan jenis musik lainnya.

2. Musik Pop Kreatif

Musik Pop Kreatif dianggap sebagai jenis musik yang unik, sebab ritme, melodi, harmoni, instrumen, dan gaya musik yang digunakan musik pop kreatif berebeda dengan yang dimiliki musik pop pada umumnya.

3. Musik Pop Balada

Musik Pop Balada mempunyai jenis tempo yang lambat dan sedang. Liriknya biasanya ekspresif, dan melodi dibuat berdasarkan lirik lagu.

4. Musik Pop Dewasa

Musik Pop dewasa lebih kompleks, improvisasinya lebih banyak, selain itu tema yang dimiliki musik Pop dewasa bervariasi, mulai dari kehidupan remaja, kisah asmara, sehingga permasalahan sosial.

5. Musik Pop Anak-Anak

Musik Pop anak-anak bentuknya lebih sederhana, liriknya lebih pendek karena dinyanyikan oleh anak kecil. Komposisi musiknya tidak terlalu sulit, dan rentang nadanya sedang atau tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah.

Manfaat Musik Pop

Sama seperti musik lainnya, masing-masing jenis musik mempunyai manfaatnya sendiri bagi pendengar. Beberapa manfaat mendengarkan musik Pop antara lain.

  • Memberikan inspirasi bagi pendengarnya
  • Memberikan rasa tenang
  • Menghilangkan stress
  • Mengontrol denyut jantung agar lebih beraturan
  • Sebagai hiburan disaat bosan

Tokoh Musik Pop

Tokoh Musik Pop

Musik pop memiliki banyak tokoh yang berpengaruh dalam perkembangan dan popularitas musik ini. Beberapa tokoh terkenal dalam musik pop antara lain Michael Jackson, Madonna, Mariah Carey, Whitney Houston, Elvis Presley, The Beatles, dan banyak lainnya. Masing-masing tokoh ini memiliki ciri khas dan gaya yang unik, serta membuat kontribusi besar dalam dunia musik pop.

Contoh Musik Pop

Adapun beberapa contoh dari musik Pop adalah sebagai berikut.

  • Jaz – Kasmaran
  • Fourtwnty – Aku Tenang
  • Isyana Sarasvati & Raisa – Anganku Anganmu
  • Anji – Dia
  • Raisa – Usai Disini
  • Tulus – Monokrom
  • Isyana Sarasvati – Sekali Lagi
  • Adera – Muara
  • Hivi! – Pelangi
  • Tulus – Cahaya
  • Rizky Febian – Cukup Tau
  • Armada – Asal Kau Bahagia
  • The Overtunes – I Still Love You
  • Tulus – Manusia Kuat
  • Rizky Febian – Indah Pada Waktunya
  • Raisa – Love You Longer
  • Adera – Lebih Indah
  • Rizky Febian – Penantian Berharga