Sejarah Dari Gitar Spanyol Serta Jenis Dan Keunikannya

Sejarah Gitar Spanyol

Gitar Spanyol atau yang juga dikenal dengan nama guitarra, laúd, atau vihuela, berasal dari Spanyol pada abad ke-16. Awalnya, gitar Spanyol digunakan untuk memainkan musik klasik Spanyol, seperti flamenco dan tango. Selain itu, gitar Spanyol juga menjadi alat musik populer di dunia Barat pada abad ke-18. Seiring berjalannya waktu, gitar Spanyol mengalami perkembangan dan modifikasi pada bentuk dan ukuran. Pada akhirnya, gitar Spanyol menjadi salah satu alat musik yang paling umum digunakan di seluruh dunia.

Berbagai Jenis Gitar Spanyol

Jenis-jenis Gitar Spanyol

Ada beberapa jenis gitar Spanyol yang umum dikenal, yaitu:

1. Gitar Klasik

Gitar klasik memiliki senar yang terbuat dari nilon dan biasanya digunakan untuk memainkan musik klasik dan flamenco. Bentuknya yang ramping dan lekukannya yang indah membuat gitar klasik menjadi salah satu gitar yang paling populer di dunia.

2. Gitar Listrik

Gitar listrik memiliki senar yang terbuat dari bahan logam dan dilengkapi dengan sistem pickup dan amplifier. Gitar listrik sering digunakan untuk memainkan musik rock dan pop.

3. Gitar Akustik

Gitar akustik memiliki senar yang terbuat dari logam, namun tanpa sistem pickup dan amplifier. Gitar akustik sering digunakan untuk memainkan musik akustik dan country.

Gitar Spanyol

Keunikan Gitar Spanyol

Selain sejarah dan jenisnya yang menarik, gitar Spanyol juga memiliki keunikan tersendiri. Berikut adalah beberapa keunikan yang dimiliki gitar Spanyol:

1. Suara yang khas

Gitar Spanyol memiliki suara yang khas dan unik. Suara tersebut dihasilkan dari senar yang terbuat dari nilon atau logam dan body gitar yang terbuat dari kayu.

2. Teknik memetik

Memetik atau fingerstyle adalah teknik memainkan gitar tanpa menggunakan pick. Teknik memetik ini sangat populer di dunia musik Spanyol dan menjadi ciri khas dari gitar Spanyol.

Baca Juga:  Pengertian Seni Musik Tradisional Serta Ciri, Fungsi, Contoh Alat Musik, Dan Contoh Musik

3. Desain yang cantik

Gitar Spanyol memiliki desain yang cantik dan indah. Biasanya, gitar Spanyol memiliki lekukan dan ukiran yang rumit dan memukau.