Daftar Patung Budha Yang Paling Menakjubkan Di Asia

Leshan Giant Buddha, China

Patung Leshan Giant Buddha, China

Di China, ada sekitar 187 juta pemeluk agama Buddha. Buat turis, artinya ada banyak pagoda, kuil, dan patung menakjubkan untuk dikunjungi di sana. Salah satu yang paling terkenal dan terdaftar sebagai warisan budaya oleh UNESCO adalah The Giant Buddha of Leshan. Patung super besar ini dipahat di batu dan menggambarkan Maitreya Buddha dalam posisi duduk. Tinggi patung ini mencapai 71 meter dengan lebar 28 meter. Uniknya lagi ada sungai yang mengalir di bawah kaki patung Buddha ini. Jadi, kamu bisa menikmati Leshan Giant Buddha dari point of view berbeda sambil naik perahu. Seru banget, kan? Jangan lupa booking hotel dari jauh-jauh hari agar nggak kehabisan. Apalagi, kalau Aladiners ke China saat musim liburan. Bakalan keabisan, tuh, kalau bookingnya telat.

Golden Buddha Statue di Wat Traimit, Bangkok, Thailand

Patung Golden Buddha Statue di Wat Traimit, Bangkok, Thailand

Julukan Negara Seribu Pagoda di Thailand tentunya nggak tanpa alasan. Di negara ini memang ada banyak pagoda dan beberapa di antaranya menyimpan Patung Buddha menakjubkan. Salah satunya adalah Golden Buddha Statue di Wat Traimit, Bangkok. Patung Buddha ini terbuat dari emas dan beratnya mencapai 5,5 ton, lho! Di tempat patung ini berdiri juga ada museum yang menguak cerita sejarah di baliknya. Kalau mampir ke sana, kamu harus berpakaian yang sopan dan rapi sebagai tanda rasa hormat. Berhubung ada banyak promo hotel di Thailand, dijamin budget liburan kamu selama di Thailand nggak akan membengkak.

Nirvana Statue of Buddha, Manbulsa, South Korea

Patung Nirvana Statue of Buddha, Manbulsa, South Korea

Berlokasi di Manbulsa, Korea Selatan, Nirvana Statue of Buddha terbuat dari bahan kuningan dengan panjang sekitar 15 meter dan tinggi 4,5 meter. Di bagian telapak kaki dan kepala patung ada ornamen yang menggambarkan keindahan patung ini. Katanya, setiap orang yang menggosok bagian telapak kakinya bisa dapet keberuntungan. Buat kamu yang belum tahu, Manbulsa adalah kuil dengan 10.000 patung Buddha. Jadi, selain mengagumi indahnya Nirvana Statue of Buddha yang super besar, kamu juga bisa ngeliat patung Baby Buddha yang mengenakan topi dan lentera yang indah bangeet. Selama berlibur di Manbulsa, kamu bebas pilih mau cari hotel-hotel berbintang atau hotel murah sesuai gaya liburan kamu.

Baca Juga:  Pengertian Seni Patung Serta Fungsi, Teknik, Alat & Bahan

Hussain Sagar Buddha Statue, India

Patung Hussain Sagar Buddha Statue, India
Buddha Statue in Hussain Sagar in Hyderabad, India.

Lokasi Patung Buddha satu ini cukup unik. Dia terletak di tengah danau buatan di Kota Hyderabad, India, yang terkenal dengan patung-patung Buddha nan indah. Patung Hussain Sagar Buddha berdiri menjulang setinggi 17 meter dengan berat 320 ton. Patung ini dipahat sekelompok pekerja seni dari sebongkah batu raksasa. Eh, ternyata ada cerita tragis di balik proses pembuatan patung ini, lho. Patung Hussain Sagar Buddha pernah roboh dan jatuh ke danau sehingga menewaskan delapan pekerja. Namun, pemerintah berhasil memperbaiki patung tersebut sehingga bisa dinikmati sampai sekarang. Makanya, yuk, buruan booking hotel di India untuk mengagumi indahnya patung ini.

Ushiku Daibutsu, Jepang

Patung Ushiku Daibutsu, Jepang

Salah satu Patung Buddha tertinggi di dunia ada di Kota Ushiku, Jepang. Ushiku Daibutsu selesai dibangun pada 1995 dan tingginya mencapai 120 meter. Serunya lagi, ada elevator yang akan mengantar kamu ke platform tempat observation deck. Patung dari perunggu ini menggambarkan Amitabha Buddha yang dikenal dengan Ushiku Arcadia. Berhubung mengurus visa liburan ke Jepang sekarang makin mudah.