Daftar Patung Termahal Yang Ada Di Dunia Mencapai Rp 2 Triliun

L’Homme au doigt (Alberto Giacometti) – US$141,3 juta atau Rp2,2 triliun

Patung L'Homme au doigt

Daftar teratas adalah karya terhebat dari seniman Swiss, Alberto Giacometti, yang bernama L’Homme au doigti. Karya ini mencetak rekor penjualan patung termahal dalam sejarah dengan harga US$141,3 juta atau Rp2,2 triliun. Karya yang terbuat dari perunggu itu diciptakan pada tahun 1947 dan memperkuat visi unik Giacometti tentang realitas.

L’Homme qui marche I (Alberto Giacometti) – US$104,2 juta atau Rp1,63 triliun

Patung L'Homme qui marche I

Dibuat pada tahun 1961, L’Homme Qui Marche I atau The Walking Man I adalah karya Giacometti berikutnya yang masuk jajaran patung termahal di dunia. Patung ini telah menjadi salah satu gambar paling ikonik dalam seni modern. Patung perunggu tersebut dijual seharga US$104,3 juta atau Rp1,63 triliun di Sotheby’s pada tahun 2010.Patung ini mencitrakan sosok ramping yang digambarkan dalam gerakan penuh dan merangkum gambaran baik, kerendahan hati, serta kekuatan kemanusiaan. Begitu kuatnya karya ini sehingga muncul pada uang kertas 100 franc di Swiss.

Chariot (Alberto Giacometti) – US$101 juta atau Rp1,58 triliun

Patung Chariot

Patung termahal ketiga masih dari karya Alberto Giacometti. Chariot adalah salah satu karya terpenting Giacometti. Patung setinggi 145 cm yang dijual di Sotheby’s pada tahun 2014 dengan harga US$101 juta atau Rp1,58 triliun. Disebutkan bahwa visualisasi Chariot yang berbentuk sosok di atas kereta roda dua itu datang dari mimpi sang seniman.

Rabbit (Jeff Koons) – US$91 juta atau Rp1,42 triliun

Patung Rabbit

Di urutan keempat, ada patung karya seniman kontemporer asal Amerika, Jeff Koons, yang bernama Rabbit. Patung ini berbentuk kelinci stainless steel dan sempat mencetak sejarah pada tahun 2019 ketika menjadi karya seni termahal oleh seniman hidup yang dijual di lelang. Palu diketuk di angka US$91 juta atau Rp1,42 triliun setelah perang penawaran yang antusias. Ini adalah versi terakhir yang tersisa (dari tiga) yang masih berada di tangan pribadi sang seniman.

Baca Juga:  Penyelundup Patung Gading Dari Miami Dijatuhi Hukuman 51 Bulan Penjara

Le Nez (Alberto Giacometti) – US$78,4 juta atau Rp1,22 triliun

Patung Le Nez

Karya Alberto Giacometti lagi-lagi masuk sebagai yang termahal di dunia ketika dilelang di Sotheby’s pada November 2021. Patung perunggu berjudul Le Nez itu dibanderol dengan harga US$78,4 juta atau Rp1,22 triliun. Ini menjadi lot termahal kedua di pelelangan saat itu.Secara total, Giacometti membuat delapan salinan patung tersebut di mana tiga di antaranya dimiliki secara pribadi. Pembeli Le Nez adalah miliarder crypto China Justin Sun.