Daftar Alat Musik Termahal Di Dunia Dari Biola Hingga Piano

MacDonald Stradivarius Viola, US$45 Juta

18/18 – The accompanying presentation case by W.E. Hill & Sons, London.

Instrumen musik termahal di posisi puncak ditempati oleh viola langka Stradivarius milik bangsawan dari abad ke-19 bernama The MacDonald. Viola ini adalah satu dari 10 viola buatan virtuoso Stradivarius yang masih utuh dan tersisa di dunia. Dalam riwayatnya, viola ini sempat dimainkan oleh co-founder Amadeus Quartet, Peter Schidlof hingga akhir hayatnya pada 1987. Tapi, pada 2014, viola ini dilelang dengan harga yang fantastis, yakni 45 juta dolar AS, atau setara Rp674 miliar.

Duport Stradivarius Cello, US$20 Juta

Violoncello “Servais” made by Antonio Stradivari. Bow. Wooden case. 1981.0289.01. 1981.0289.02. 1981.0289.03.

Daftar alat musik termahal berikutnya juga masih dari hasil buah tangan keluarga Antonio Stradivari. Tapi kali ini bukan viola, melainkan alat musik dawai lain yang bernama cello. Menurut catatan sejarah, cello tersebut dibuat pada 1711 untuk François Chicoyneau, yang merupakan dokter dari Raja Louis XIV. Adapun, alat musik ini mendapatkan namanya dari pemain cello, Jean-Louis Duport, yang memainkannya sekitar 1800. Selama seratus tahun berikutnya, cello tersebut berpindah tangan beberapa kali hingga tahun 2008, dibeli oleh Nippon Music Foundation dengan harga US$20 juta atau setara Rp299 miliar. Padahal, cello itu sendiri tidak dalam kondisi terbaik karena memiliki penyok yang terlihat di kayu. Tetapi, karena nilai historisnya cello ini kemudian memiliki harga selangit.

Giuseppe Guarneri Vieuxtemps Violin, US$16 Juta

Berada di urutan ketiga adalah salah satu biola termahal di dunia, yaitu The Vieuxtemps Violin yang diciptakan oleh virtuoso asal Italia Guiseppe Guarneri pada 1741. Biola ini terjual seharga US$16 juta pada 2012 atau setara Rp179 miliar kepada seorang pembeli anonim. Sejak dibuat ratusan tahun silam, biola tersebut telah dimainkan oleh pemain biola terkenal di dunia pada waktu yang berbeda tetapi selalu dijaga dalam kondisi murni. Oleh karena itu, biola ini disebut tidak pernah retak, diperbaiki, atau bahkan ditambal. Terakhir, biola ini sempat dimainkan oleh Anne Akiko Meyers, pada konser tahun 2015.

Baca Juga:  Pengertian Seni Musik Dangdut Serta Sejarah, Perkembangan, Jenis, Ciri, Fungsi, Dan Tokoh

Piano Steinway Z, US$2,1 Juta

Piano Steinway Z adalah piano tegak yang berharga bukan karena apa adanya tetapi karena siapa yang pernah memainkannya. Yaitu oleh musisi legendaris John Lennon dan pernah dipakai untuk membuat komposisi nada dan proses rekaman lagu Imagine pada 1971. Ironisnya, ketika piano tersebut dijual pada 2000 seharga US$2,1 juta atau setara Rp30 miliar, kondisinya sudah cukup rusak. Yaitu terdapat bekas luka bakar rokok, serpihan kayu yang diambil, dan senar yang perlu diganti.Tapi, terlepas dari itu, fakta bahwa piano ini sempat dimainkan oleh penulis lagu ikonik membuatnya memiliki nilai tinggi.

Louis XV Special Harp, US$190.000

Jika Genhype pernah melihat harpa yang dimainkan dalam konser orkestra, maka akan tahu seberapa besar ukuran dan bentuknya. Inilah mengapa harga harpa kadang bisa sangat mahal, seperti Louis XV Special Harp, yang dikenal sebagai “Rolls Royce of Harps”, berharga sekitar $190.000 atau setara Rp284 juta. Namun, dalam kasus ini bukan nama harpa yang membuatnya mahal, melainkan jumlah tenaga kerja dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat alat musik tersebut. Meliputi kerja manual yang memakan waktu berbulan-bulan, dengan desain yang rumit serta rangka yang dilapisi dengan emas.