Pengertian Dari Seni Rupa Serta Ciri-Ciri Dan Jenisnya

Seperti diketahui, seni rupa merupakan salah satu cabang dalam dunia seni rupa yang merupakan perwujudan kebudayaan yang bersumber dari gagasan dan perasaan manusia. Pada hakekatnya, seni dan kehidupan sangat erat hubungannya. Misalnya, ada banyak jenis lukisan yang dipajang saat Anda mengunjungi museum.

Perlu diketahui bahwa seni rupa adalah bagian dari seni yang muncul dari aktivitas manusia dengan menciptakan kesenangan, keindahan, kenikmatan, dan kebutuhan spiritual.

Pengertian Seni Rupa beserta Ciri-ciri dan Jenisnya

Seni rupa adalah bagian dari seni yang diterapkan pada bahan berwujud yang dapat disentuh untuk mengalami energinya. Konsep bidang, garis, bentuk, warna, volume, tekstur, dan pencahayaan yang mengandung estetika diolah menjadi karya seni.

Seni rupa berbeda dengan jenis seni lainnya karena sangat menekankan prinsip-prinsip estetika yang berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan berbagai objek.

Berikut ciri-ciri seni rupa yang perlu diketahui:

1.Ciri-ciri Seni Rupa Daerah

Kesenian daerah merupakan jenis karya seni yang dapat ditemukan di seluruh Indonesia. Berikut beberapa ciri-ciri kesenian daerah :

  • Bersifat kedaerahan.
  • Dibuat dari bahan-bahan alami.
  • Dipengaruhi oleh budaya dan faktor sejarah.
  • Sering dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hariCorak dan motifnya .dekat dengan unsur geografis daerah.

2.Ciri-ciri Seni Rupa Modern

Tahun 1860-an hingga 1970-an menyaksikan penciptaan seni modern. Ini adalah beberapa ciri seni modern:

  • Hasil karyanya tidak mengandung unsur-unsur tradisional.
  • Tidak terpaku dengan satu aliran dan bersifat universal.
  • Karya-karyanya mengandung unsur berupa geometris.
  • Tidak terikat dengan pakem tertentu.
  • Lebih menonjolkan orisinalitas.

Jenis-jenis Seni Rupa

Berikut adalah jenis-jenis seni rupa yang perlu diketahui:

1.Seni Rupa Murni

Seni murni adalah bagian dari seni yang mengutamakan orisinalitas, rasa, dan keinginan untuk mengekspresikan diri melalui penciptaan sesuatu yang indah. Lukisan, patung, cetakan, instalasi, film, dan fotografi seni rupa adalah beberapa contoh seni murni. juga karya seni keramik.

Baca Juga:  Pengertian Seni Rupa Modern Serta Sifat, Ciri, Sejarah, Dan Aliran

2.Seni Rupa Terapan

Produksi seni yang menjawab kebutuhan manusia diprioritaskan dalam bidang seni terapan atau disebut juga seni kriya. Kerajinan yang terbuat dari rotan, tekstil, atau keramik adalah beberapa contohnya.

Seni rupa biasanya dibagi menjadi dua kategori: seni murni dan seni terapan. Seniman perlu memahami bahwa seni berfungsi untuk memenuhi nilai-nilai artistik, fungsional, seremonial, naratif, dan persuasif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *