Pengertian Grafiti Serta Sejarah, Perkembangan, Dan Seniman

Pengertian Grafiti

Secara pengertian, Grafiti adalah coretan-coretan pada dinding yang menggunakan komposisi warna, garis, bentuk, dan volume untuk menuliskan kata, simbol, atau kalimat tertentu. Selain itu, grafiti di indikasi sebagai media alternatif penyampaian pesan-pesan yang ingin di tampilkan oleh senimannya. Menurut Wikipedia, Grafiti (juga dieja Graffity atau Graffiti) adalah coretan-coretan pada dinding yang menggunakan komposisi warna, garis, bentuk, dan volume untuk menuliskan kata, simbol, atau kalimat tertentu. Alat yang digunakan pada masa kini biasanya Produk cat semprot kaleng. Sebelum cat semprot ada, grafiti umumnya dibuat dengan sapuan cat menggunakan kuas atau kapur.

Sejarah Grafiti

Secara garis history, kebiasaan melukis di dinding bermula dari manusia primitif sebagai cara mengkomunikasikan perburuan. Pada masa itu, grafiti digunakan sebagai sarana mistisme dan spiritual untuk membangkitkan semangat berburu. Perkembangan kesenian pada zaman Mesir kuno juga memperlihatkan aktivitas melukis di dinding-dinding piramida. Lukisan ini mengkomunikasikan alam lain yang ditemui seorang pharaoh (Firaun) setelah dimumikan. Istilah grafiti sendiri diambil dari bahasa latin, “Graphium” yang artinya menulis. Awalnya istilah itu dipakai oleh para arkeolog untuk mendefinisikan tulisan-tulisan di bangunan kuno bangsa Mesir dan Romawi kuno.

Grafiti

Setelah peradaban Mesir, kegiatan melukis dinding sebagai sarana menunjukkan ketidak puasan terhadap bentuk pemerintahan dimulai pada zaman Romawi. Di temukanmya bukti-bukti yang mendukung pada lukisan sindiran terhadap pemerintahan dan kaisar di dinding-dinding bangunan. Lukisan ini ditemukan di reruntuhan kota Pompeii. Sementara di Roma sendiri dipakai sebagai alat propaganda untuk mendiskreditkan pemeluk kristen yang pada zaman itu yang dilarang oleh kaisar.

Perkembangan Grafiti

Pada perkembangannya, Grafiti tak terlepas dari media untuk menyatakan ketidaksepakatan pada satu hal tertentu. Alat yang digunakan pada masa kini biasanya produk cat semprot kaleng atau juga airbrush. Sebelum cat semprot ada, grafiti umumnya dibuat dengan sapuan cat menggunakan kuas atau kapur yang sering di temukan pada situs-situs peradaban masa lalu.

Baca Juga:  Pengertian Batik Jumputan Serta Motif Dan Proses Pembuatannya

Seniman Grafiti

Beberapa seniman grafiti dunia turut serta dalam perkembangan seni grafiti. Berikut ini beberapa nama seniman grafiti dunia yang kami himpun dan memiliki karya-karya fenomenal.

Jean Micheal Basquiat

Jean Micheal Basquiat adalah seorang seniman berkebangsaan Amerika Serikat. Dia mulai debutnya sebagai seorang seniman grafiti di Kota New York pada 1970-an dan berkembang menjadi seorang pelukis ekspresionis dan neo-primitif. Beberapa karya grafiti-nya sering didefinisikan sebagai bentuk perlawanan atas kekerasan ras, perang dan kemanusiaan.

Egs

Dengan karir sebagai seniman grafiti selama 30 tahun yang dikenal di beberapa benua, Egs memberikan pengaruh yang besar pada gaya grafiti di Eropa. Kepiawaiannya dalam bidang ini telah menginspirasi banyak seniman muda. Karya-karyanya sering disebut sebagai pembaharuan dalam dunia seni grafiti.

Hasil Grafiti Dari Salah Satu Seniman

Boris

Pria yang berasal dari negara Bulgaria ini selalu bersenang-senang dengan membuat tulisan grafiti keren. Ia ingin masyarakat bisa melihat hasil karya grafitinya dan merasakan kegembiraannya. Karya Boris umumnya berupa tulisan warna-warni yang bisa ditemui di dinding gedung, badan kereta dan juga pintu besi toko.

Katsu

Katsu mengadaptasi gaya grafitinya dengan era digital dan membuat ulang lambang ikoniknya yang berbentuk tengkorak dalam berbagai cara berbeda. Ia mengembangkan aplikasi mobilenya sendiri dan merintis teknologi drone remot kontrol untuk grafiti. Hal itu dilakukan untuk merekam dan memotret dirinya sendiri yang sedang merusak karya Picasso bernama “Girl Before a Mirror“, The White House and The Great Wall Tiongkok.

Moses dan Taps

Duo grafiti ini cukup terkenal di Eropa karena konsep mereka yang khas. Keduanya semakin terkenal ketika mereka berhasil menggrafiti dinding kota, gerbong kereta, dan beberapa menara selama 1000 hari dengan 1000 grafiti. Dapat di katakan prestasi tersebut merupakan bentuk karya terbaik mereka.