Pengertian Seni Tari Naga Khas Tionghoa Serta Makna Lambang, Dan Arti Warna

Pengertian Seni Tari Naga

Selain pertunjukan barongsai, ternyata tradisi kesenian khas Tionghoa tidak dapat dipisahkan dari tari naga atau sering disebut liong. Tari naga adalah tarian yang menggunakan belasan tongkat yang terpasang di bawah perut naga tiruan. Panjang naga tiruan ini sekitar 9-10 meter. Tari naga sering ditampilkan pada saat perayaan tertentu budaya Tionghoa seperti hari besar Imlek dan Cap Go Meh.

Makna Lambang Naga

Makna Lambang Naga

Tari naga sudah ada sejak ratusan tahun lalu pada zaman dinasti Han (tahun 180-230 SM). Sosok naga melekat dalam tarian ini. Itu karena, naga menjadi lambang kehormatan dan kemakmuran dalam kebudayaan Tiongkok. Pada masa itu, replika naga-nagaan dibuat dari gabungan bagian fisik dari beberapa hewan seperti tanduk rusa jantan, telinga dari banteng, mata dari kelinci, cakar harimau, sisik dari ikan. Bentuk tubuhnya mirip dengan tubuh ular raksasa. Orang-orang Tionghoa pada masa itu mempercayai naga sebagai makhluk memiliki kemampuan lengkap, yakni bisa terbang di udara, bergerak di tanah, dan menyelam di laut. Mahkhluk legendaris ini juga dianggap sebagai penguasa langit. Pertunjukkan tari naga sangat populer di masa kekaisaran Tiongkok dan kini telah mendunia.

Arti Warna Liong

Kalau perhatikan warna replika naga (liong) dalam tarian ini terdiri atas warna merah, emas maupun kuning. Dalam kebudayaan Tionghoa, merah dimaknai sebagai kebahagiaan. Warna emas melambangkan kesuksesan dan kuning memiliki makna ketulusan.

Arti Warna Liong

Dimainkan Secara Beregu

Tarian naga dimainkan secara beregu yang terdiri dari sembilan penari. Penari berbaris dengan memainkan belasan tongkat pada replika badan naga. Penari terdepan berperan sebagai pemimpin. Ia mengendalikan tarian dengan menggerakan posisi kepala naga seperti mengangkat, menyorongkan dan memutar kepala naga sesuai dengan alunan musik. Sementara penari lain kompak mengikuti gerakan itu. Gerakan para penari akan terlihat harmonis dan penonton seolah melihat naga sungguhan. Penonton juga akan tertegun saat melihat para penari menampilkan aksi akrobatik yang memukau.

Baca Juga:  Pengertian Seni Tari Adat Akiu No Taue Odori Dari Jepang Serta Sejarah Dan Kostumnya