Hampir 50% Dari Karya Seni Yang Dijual Di Lelang Senilai $20 Juta Atau Lebih

Selain penjualan retrospektif Johannes Vermeer di Rijksmuseum, kalender pameran seni masih berjalan lancar, dan laporan baru dari Sotheby’s selanjutnya mendukung pemulihan yang kuat di pasar seni kelas atas. Menurut laporan baru, yang dirilis pada hari Selasa, kisaran harga $20 juta ke atas akan melihat pertumbuhan terbesar untuk barang yang dijual di lelang, terhitung 45 koma 2 persen dari semua penjualan $1 juta atau lebih pada tahun 2022.

Untuk laporan tersebut, perusahaan analitik pasar seni ArtTactic memeriksa data penjualan lelang dari Sotheby’s, Christie’s, dan Phillips antara 2018 dan 2022 dalam kategori Impresionis, Modern, Old Masters, dan seni kontemporer. Ini juga berisi data dari divisi penjualan pribadi Sotheby. “Laporan wawasan” dibuat oleh ArtTactic untuk rumah lelang, dan survei tambahan dalam seri yang sama akan diterbitkan di masa mendatang.

Patokan $1 juta itu signifikan karena, menurut laporan, tingkat ini “menyumbang 74 persen dari total penjualan berdasarkan nilai dalam kategori koleksi yang tercakup dalam laporan ini”, meskipun angka keuangan untuk karya seni hanya menyumbang 4% dari semua banyak terjual. ” Sementara penjualan seni pribadi sebesar $1 juta atau lebih turun menjadi $1,05 miliar pada tahun 2022, turun dari puncak $1,41 miliar pada tahun 2020, laporan tersebut mencatat bahwa masih 30,8 persen lebih tinggi dari tingkat penjualan pada tahun 2019 sebesar $803,5 juta.

Maraknya kolektor Asia menjelang pandemi COVID-19 dan meningkatnya jumlah penawar dari Generasi X dan generasi Milenial adalah dua tren spesifik yang disebutkan dalam laporan tersebut. Menurut rumah lelang tersebut, kolektor Asia kini berjumlah hampir sepertiga (32%) dari mereka yang mengajukan penawaran di Sotheby’s untuk karya seni senilai lebih dari $1 juta pada tahun-tahun yang diteliti. Antara tahun 2018 dan 2022, terjadi peningkatan penawaran kolektor Asia untuk seni kontemporer (18%), serta karya Impresionis dan Modern (17%). Pembelian yang dilakukan grup ini paling banyak terjadi pada kategori penjualan Lukisan dan Karya Seni Tradisional China.

Baca Juga:  Pameran Yayoi Kusama Yang Populer Di Museum Hirshhorn Ditunda Untuk Kedua Kalinya

Laporan tersebut menyatakan bahwa penawar Asia lebih banyak daripada penawar dari Amerika Utara, di mana mayoritas penawar berbasis (34 persen), dan jumlah mereka melebihi penawar Eropa (29 persen), yang merupakan kelompok penawar terbesar kedua. Generasi Baby Boom terus mewakili kelompok usia penawar terbesar di pasar $1 juta, tetapi persentase mereka menurun dari 48 persen pada tahun 2020 menjadi 40 koma 6 persen pada tahun 2022. Proporsi penawar Milenial meningkat dari 7% pada tahun 2018 menjadi 16% pada 2022.