Menjelang Art Basel Hong Kong, Thaddaeus Ropac Memanggil Artis Rising Star Zadie Xa

Zadie Xa, seorang seniman yang berbasis di London, telah bergabung dengan daftar Galerie Thaddaeus Ropac, yang berlokasi di London, Paris, Salzburg, dan Seoul. Pameran tunggal seniman pemula akan berlangsung pada Maret 2024 di lokasi galeri di Paris Marais. Dia juga akan tampil di stan Ropac di Art Basel Hong Kong. Bekerja di seluruh pertunjukan, tekstil, lukisan, dan video, Xa mengacu pada pengalaman hidupnya sebagai seorang wanita Korea Kanada untuk praktik eksperimental yang berfokus pada nuansa hidup di diaspora dan warisan serta sejarah yang sering menyertai pengalaman itu.

Kemampuan saya untuk memasuki dunia yang berbeda dan merenungkan peristiwa sosiopolitik terkini dimungkinkan oleh penceritaan naratif. Dalam sebuah pernyataan, Xa menyatakan bahwa karyanya “menolak gagasan monolitik tentang apa itu pusat budaya.” Dealer Thaddaeus Ropac melanjutkan, “Zadie Xa adalah seorang seniman yang sangat dinamis yang menggabungkan bahan dan media dengan cara avant-garde dan eksperimental. Suaranya yang khas, yang terlibat dalam berbagai motif dan citra, mengeksplorasi proses di mana kami membangun rumah kami identitas.”

Minggu ini, poster artis Xa akan tampil perdana di luar stasiun Tube Whitechapel sebagai bagian dari Art on the Underground. Xa saat ini menjadi fokus pameran survei yang signifikan di Galeri Whitechapel di London. Karya Xa juga ditampilkan dalam pameran “Beautiful Repair: Mending in Art and Fashion” di Copenhagen Contemporary, dan pertunjukan yang menampilkan karyanya akan debut pada bulan Juli di Space K Seoul.

Selain itu, dia sering bekerja dengan artis Benito Mayor Vallejo; baru-baru ini, mereka menggelar pertunjukan di Galeri Nasional London pada tahun 2021. Selain itu, sebagai bagian dari jadwal pertunjukan Venice Biennale untuk tahun 2019, Xa mengadakan pertunjukan lainnya. Legacy Russell, direktur eksekutif dan kepala kurator Kitchen dan penulis buku terkenal Glitch Feminism: A Manifesto, juga telah memberi Xa bantuan kuratorial yang signifikan. Russell menampilkan karyanya dalam beberapa iterasi “Bend” dan “The New Bend”, pameran kelompok yang dipentaskan di mega-galeri Hauser dan Wirth, serta dalam “The Condition of Being Addressable”, pameran kelompok tahun 2022 di Institute of Contemporary Seni, Los Angeles.

Baca Juga:  Biografi Vincent Van Gogh Serta Awal Karir, Masa Puncak, Karya Seni, Dan Lukisannya

Xa adalah salah satu dari sekian banyak seniman yang telah menerima perwakilan baru sebelum ABHK, termasuk perkebunan Robert Rauschenberg dengan Galeri Gladstone, Sung Neung Kyung dengan Lehmann Maupin, dan perwakilan bersama Yoo Youngkuk oleh Galeri Pace dan PKM. Art Basel Hong Kong masih dianggap oleh para galeri sebagai salah satu pameran terbaik di Asia, di mana penjualan tingkat tinggi dijamin akan terjadi, sebagaimana dibuktikan oleh fakta bahwa semua galeri ini bermaksud untuk membawa karya seni dari seniman baru ini ke pameran tersebut. Sebelum dua pameran baru Asia, Frieze Seoul pada bulan September dan Art SG Singapura pada bulan Januari, tidak ada pengumuman seperti itu.

Sebelum bergabung dengan galeri, Xa adalah bagian dari trio “Myths of Our Time” di lokasi Ropac di Seoul, yang berakhir pada bulan Februari. Galeri tersebut akan menampilkan dua karya jubah di stan ABHK selain karya Mandy El-Sayegh, Rachel Jones, Ali Banisadr, Joseph Beuys, dan seniman lainnya. Dalam praktik Xa, “mode produksi tekstil telah menjadi untaian utama,” tulis Ropac dalam email. ‚ÄúTerinspirasi oleh pakaian tradisional Korea dan teknik quilting, serta tren fesyen yang akrab bagi artis dari masa kecilnya di Kanada, jubah berkerudung diatur dalam bingkai tambal sulam yang mencolok.

Eksplorasi Xa terhadap identitas diaspora dan fungsi busana dalam aksi representasi diri divisualisasikan dalam karya dengan memadukan referensi otobiografi seperti tahun kelahiran seniman (1983) dengan bentuk-bentuk tradisional. ” Xa menambahkan dalam sebuah email, “Mengenakan pakaian memungkinkan Anda mengubah siapa diri Anda. Itu menggambarkan citra diri Anda yang ingin Anda berikan kepada dunia pada hari tertentu itu.”