Pengertian Warna Sekunder Serta Makna Dan Skema Warna

Pengertian Warna Sekunder

Ada berbagai pilihan dan jenis warna yang orang gunakan dalam berbagai kepentingan setiap harinya. Walaupun Anda lebih banyak mendengar warna merah atau kuning yang merupakan bagian dari warna primer. Tentunya, ada warna lainnya yang juga orang manfaatkan sehari-hari. Bagian tersebut merupakan warna sekunder seperti orange atau ungu. Sederhananya, warna sekunder adalah warna yang muncul karena merupakan hasil campuran dari warna primer. Tentunya, dengan jumlah perbandingan 1:1 untuk menghasilkan warna yang pas. Warna sekunder juga disebut sebagai warna kedua. Sebagai contoh campuran warna 1:1 adalah merah dan biru. Kedua warna ini jika dicampur dengan rasio sesuai akan menghasilkan ungu. Kesimpulannya adalah warna sekunder merupakan warna yang terbentuk dari campuran dua warna primer. Jika dilihat dari color wheel, warna sekunder sendiri berada di antara berbagai macam warna primer. Kemudian, ketika digabungkan, akan menghasilkan warna yang berbeda. Hasil dari campuran dalam color wheel inilah yang disebut sebagai warna sekunder.

Makna dan Campuran Warna Sekunder

Tentunya, setiap warna yang orang gunakan dalam membuat desain dan lainnya mempunyai makna sendiri. Contohnya seperti merah yang banyak diartikan sebagai warna yang pemberani dan kuning untuk mencerminkan ceria dan lain sebagainya. Hasil campuran dari warna sekunder juga mempunyai artinya sendiri. Berikut ini makna dari warna sekunder:

Makna Warna Sekunder

Warna hijau

Warna hijau merupakan warna yang mempunyai makna menarik juga. Hasil campuran dari warna biru dan kuning ini menarik perhatian banyak orang. Hal ini dikarenakan makna yang bagus dibalik warna hijau. Tidak hanya sering dikaitkan dengan tanaman saja, warna hijau juga berkaitan dengan alam. Sama dengan keterkaitan tersebut, warna ini mempunyai simbol pertumbuhan juga. Selain menjadi simbol pertumbuhan, hijau juga melambangkan pembaharuan dan juga kelahiran kembali. Bahkan, menurut Amerika Serikat sendiri, warna hijau dikaitkan dengan uang. Apalagi warna hijau tua. Arti warnanya adalah stabilitas dan juga kemakmuran. Kemudian, untuk warna hijau dalam bisnis juga mempunyai maknanya sendiri. Tentunya, warna hijau dalam bisnis dapat membantu Anda untuk menarik pelanggan. Warna hijau ini dianggap memberikan kesan yang baik kepada konsumen. Setidaknya, melambangkan bahwa produk atau bisnis yang dijalankan sedang naik daun. Karena itu, banyak yang menggunakan warna hijau dalam berbisnis juga.

Warna Ungu

Selain warna hijau, banyak yang memilih ungu untuk berbagai macam kepentingan juga. Hasil campuran dari warna merah dan biru ini mempunyai makna yang bagus juga. Warna sekunder ini menjadi salah satu warna yang menarik dan dinilai sejuk serta hangat secara bersamaan. Memang warna sekunder adalah warna yang unik sehingga mempunyai makna yang menarik juga. Ungu dapat menjadi warna yang sejuk dan hangat karena merupakan perpaduan dari warna merah dan juga biru. Warna merah menandakan gairah dan juga energi. Kemudian, dimasukkan warna biru yang berarti ketenangan dan juga ketenteraman. Karena itu, ungu yang merupakan campuran akan menggabungkan makna dari kedua warna tersebut. Jadilah menghasilkan sejuk dan juga hangat.

Baca Juga:  Pengertian Aliran Dadaisme Serta Ciri, Sejarah, Pengaruh, Dan Tokoh

Biasanya, warna ungu sendiri lebih banyak digunakan oleh keluarga kerajaan. Karena itu, warna ini juga memberikan kesan yang mewah dan bergengsi. Di zaman dulu, tidak ada orang yang boleh menggunakan baju atau atribut apapun dengan warna ungu selain bagian dari keluarga kerajaan. Warna ini juga merupakan warna yang mahal di zaman dulu sehingga tidak banyak orang yang beli. Hanya orang yang mempunyai kekayaan tertentu yang dapat membeli sesuatu dengan warna ungu. Bahkan, ungu juga sering dikaitkan dengan agama serta spiritualitas. Dalam berbisnis, Anda dapat menggunakan warna ungu untuk menambahkan kesan mewah. Selain itu, dapat memberikan kesan yang misterius terhadap produk juga. Tambahkan warna lain agar tidak pucat juga boleh.

Macam Macam Warna Sekunder

Warna Oranye

Selain warna hijau yang merupakan campuran biru dan kuning atau warna ungu yang merupakan hasil dari merah dan biru. Tentunya, ada warna lainnya juga. Warna sekunder adalah campuran dari dua warna, sehingga masih ada warna merah dan kuning yang belum dicampurkan. Warna ini akan menghasilkan orange yang digunakan oleh banyak orang untuk berbagai kepentingan. Warna ini juga mempunyai arti yang menyenangkan sebagai simbol kehangatan dan juga kegembiraan. Warna orange juga menarik perhatian banyak orang walaupun tidak mencolok seperti warna merah segar. Campuran warna ini akan memberikan kehangatan karena berasal dari warna merah. Sementara itu, untuk makna keceriaan atau kegembiraan ini hadir dari warna kuning. Karena campuran tersebut, banyak yang menggunakan orange sebagai warna rambu peringatan hingga rompi keselamatan atau juga kerucut lalu lintas yang ada. Orange akan melambangkan simbol energik dan juga membantu orang untuk mendapatkan kesenangan dan juga semangat. Sama halnya seperti warna merah dalam bisnis, orange memberikan kesan yang menarik.

Skema Warna Dunia Desain

Tentunya, Anda juga dapat membuat perpaduan menarik menggunakan warna sekunder. Ada skema warna yang orang gunakan dalam desain atau juga perpaduan baju untuk hasil terbaik juga. Ada beberapa kelompok untuk perpaduan warna tersebut. Salah satunya adalah monokrom yang merupakan warna dengan rona yang sama. Perpaduannya sangat sederhana dengan tampilan yang elegan. Warna ini merupakan hasil degradasi tone suatu warna dasar dan tidak ada campuran dari dasar lainnya juga. Untuk analog, Anda harus menggabungkan warna primer dan juga sekunder. Skema ini yang paling banyak digunakan karena terasa bebas dan tidak akan terlihat aneh. Misalnya adalah hijau kekuningan dan kuning. Jenis lainnya dalam skema warna desain yang digunakan banyak orang adalah complementary. Warna yang satu ini berlawanan satu dengan lainnya pada roda warna. Contohnya adalah kuning dengan ungu. Ada juga triadic yang merupakan warna dari tiga spasi warna.